25 Juni 2014

Peta Provinsi di Pulau Sulawesi

Semua gambar Peta 34 Provinsi Di Indonesia disajikan dalam file yang berukuran besar, sengaja dipisahkan per halaman agar ringan dibuka, nyaman, mudah di download. Silahkan klik nama provinsi untuk langsung menuju ke bagian tentang provinsi bersangkutan.

Untuk mempermudah pencarian, dalam postingan ini saya kelompokkan berdasar kedudukan geografis propinsi atau berdasarkan keberadaan propinsi di suatu pulau di Indonesia.

Peta Indonesia 34 Provinsi
Sulawesi atau Pulau Sulawesi (atau sebutan lama dalam bahasa Inggris: Celebes) adalah sebuah pulau dalam wilayah Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan disebelah barat dan Kepulauan Maluku disebelah timur. Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia. Di Indonesia hanya luas pulau Sumatera, Kalimantan, dan pulau Papua sajalah yang lebih luas wilayahnya daripada pulau Sulawesi, sementara dari segi populasi hanya pulau Jawa danSumatera sajalah yang lebih besar populasinya daripada Sulawesi.

Nama Sulawesi diperkirakan berasal dari kata dalam bahasa-bahasa di Sulawesi Tengah yaitu kata sula yang berarti nusa (pulau) dan kata mesi yang berarti besi (logam), yang mungkin merujuk pada praktik perdagangan bijih besi hasil produksi tambang-tambang yang terdapat di sekitar Danau Matano, dekat Sorowako, Luwu Timur.[1] Sedangkan bangsa/orang-orang Portugis yang datang sekitar abad 14-15 masehi adalah bangsa asing pertama yang menggunakan nama Celebes untuk menyebut pulau Sulawesi secara keseluruhan.

Sulawesi
Peta Pulau Sulawesi

Geografi
Lokasi
Koordinat
Kepulauan
Luas
174,600 km²
Ketinggian tertinggi
3,478 m
Puncak tertinggi
Negara
Indonesia
Provinsi
(ibukota)
Sulawesi Barat (Mamuju)
Sulawesi Utara (Manado)
Sulawesi Tengah (Palu (kota))
Sulawesi Selatan(Makassar)
Sulawesi Tenggara(Kendari)
Gorontalo (Gorontalo)
Kota terbesar
Makassar (1,339,374 (Sensus 2010)
Demografi
Populasi
16 juta (per 2005)
Kepadatan
92/km²

Untuk melihat Peta Provinsi di Indonesia klik link beikut:

Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia, dan beberapa sumber lain yang relevan.

Tidak ada komentar :