7 Mei 2013

Alfabet Komunikasi Internasional

Karena kesamaan / perbedaan antara pengucapan huruf individu dalam bahasa yang berbeda, seringkali sulit untuk mendapatkan ejaan yang benar dari sebuah kata dari seseorang melalui telepon. Agen perjalanan dan lain-lain bidang,  secara internasional memanfaatkan "alfabet internasional" ketika mengeja kata-kata melalui telepon, atau bahkan secara pribadi, untuk menghindari salah eja tak terelakkan.
Di Indonesia, hal ini terutama masalah dengan vokal. Huruf 'I' diucapkan "ee" dalam Bahasa Indonesia. Contohnya  orang Barat mendengar huruf "E". Huruf "E" dalam Bahasa Indonesia diucapkan "eh" orang Barat sering menafsirkan berarti "A". Sebagaimana  diucapkan 'aa' dalam Bahasa Indonesia. Dengan demikian I / E dan A / E sering terdengar /ditulis salah.

Agar percakapan telepon berjalan lancar, dapat digunakan alfabet telekomunikasi. Dalam percakapan telepon kadang-kadang terdapat suara-suara yang kurang jelas. untuk mengatasi hal ini perlu digunakan alfabet untuk telekomunikasi secara internasional agar tidak terjadi kesalahan. Alfabet tersebut dikenal dengan istilah Alfabet fonetik NATO.

Alfabet fonetik NATO adalah huruf fonetik atau huruf ejaan NATO yang banyak dipakai dalam dunia radio-telefoni secara internasional (seperti halnya, ORARI di Indonesia). Huruf pengeja ini dipergunakan untuk komunikasi suara baik lewat radio maupun telepon oleh semua bangsa di dunia untuk menghindari salah ejaan dalam mendikte (mengeja)  suatu suku-kata (terutama jika kata itu bermakna ganda dan sangat penting).
Alfabet fonetik NATO ini juga banyak dipergunakan oleh pegawai agen perjalanan dalam mendikte kode booking dari sebuah tiket pesawat untuk seorang penumpang yang membeli tiket di agen perjalanan tersebut.
Kepramukaan Indonesia juga membekali anggotanya agar tidak kesulitan dalam berkomunikasi antar sesama anggota pramuka khususnya dengan anggota kepramukaan sedunia, dengan Alfabet fonetik NATO disamping kode-kode (sandi) lain seperti Morse, Semaphore dll.
Berikut kata (dalam bahasa Inggris) yang mewakili tiap huruf dalam abjad Latin:

Karakter
Telepon
Karakter
Telepon
A 
 Alfa
N 
B 
O 
C 
P 
 Papa
D 
Q 
E 
 Echo
R 
F 
S 
G 
 Golf
T 
H 
U 
I 
V 
J 
W 
K 
 Kilo
X 
 Xray
L 
 Lima
Y 
M 
 Mike
Z 
 Zulu

Catatan: Untuk Angka, 1-9 dibaca dalam bahasa Inggris, kecuali 9 dibaca (NAIN-ER)

Alfabet yang dipergunakan di Kepramukaan Indonesia:






























Tidak ada komentar :